Tanggal Hari Ini : 26 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
BISNIS JAMUR TIRAM
Senin, 17 Oktober 2011 13:51 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Potensi Bisnis Jamur Tiram

Jamur tiram, berpotensi menjadi bisnis yang cocok digeluti para pensiunan, atau menjadi bisnis sampingan bagi yang ingin memperoleh penghasilan tambahan. Modal yang diperlukan tidak banyak, peluang bisnisnya besar, serta mudah dijalankan.  Saat ini harga per kg jamur merang di pasar-pasar tradisional mencapai Rp17-19ribu/kg dan permintaannya terus bertambah.

Bagi yang ingin menggeluti usaha jamur tiram yang pertama disediakan adalah jerami padi, abu sekam padi, air kapur sirih, bedeng-bedeng atap dari daun kelapa, sebidang tanah yang dekat perairan.

Setelah itu siapkan pembibitan jamur dengan cara membeli bibit jamur tiram di pembibitan jamur tiram, atau membeli jamur tiram, mengiris-iris jamur, khusus di bagian payungnya saja,  lalu masukkan dalam panci, kemudian siramlah dengan air hangat supaya steril.

Aduk abu sekam, sekam mentah dan irisan jamur dicampur air bersih dengan banyak irisan 3/4 kg. Tutup rapat pada tempat teduh selama 2-4 hari. Setelah 2-4 hari dibuka tutupnya akan terlihat serabut benang putih seperti sarang laba-laba. Apabila tidak terlihat serabut putih berarti gagal.

Cara Menyiapkan Media

Jerami padi, abu sekam/limbah kayu gergajianabu , sekam padi dicampur air kapur yang banyak diaduk-aduk merata, dikomposkan dulu 3-4 hari hingga membusuk. Kemudian buatlah bedengan jerami padi yang sudah dikompos diikat, ditumpuk melintang bersilangan 2 lapis diatas tanah ukuran 5 X 1 meter, beri alas batu bata/ batu kali tinggi 20 cm. Selang 2 lapis susunan merang jerami taburlah sekam segar, abu sekam di atas permukaan, siramlah 1 kaleng minyak tanah di atas permukaan.

Kemudian taburkan bibit jamur merang secara merata ditepi permukaan bedengan, ditutup dengan sekam tipis-tipis saja. Siramlah dengan air secukupnya pergunakan gembor air.

Perawatan dan Panen

Bedengan disiram air bersih 1 minggu pagi dan sore. setelah itu selang 2 hari sekali diatur suhunya supaya konstan (bila kurang air disiram lagi/ bila lebih maka katup jendela dibuka). Setelah 20 hari, jamur-jamur sudah tumbuh dan siap dipanen. Panen dapat dilakukan terus menerus sampai 3 bulan hanya membutuhkan pembbibitan baru lagi.

Jika anda tertarik usaha jamur tiram,  perbanyaklah pengetahuan budidaya mengenai jamur tiram melalui buku atau berkunjung langsung ke pembudidayaan jamur tiram yang banyak berdiri di kawasan Puncak, atau Kawasan Cianjur Jawa Barat.

Jika perlu, anda dapat magang beberapa hari di tempat usaha tersebut dan benar-benar dapat mencoba dan menghasilkan jamur tiram yang bernilai ekonomis tinggi.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari