Tanggal Hari Ini : 26 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Ubi Ungu Makanan Anti Kanker
Selasa, 14 Agustus 2012 10:43 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tahukah anda bahwa ubi ungu adalah makanan yang sangat dahsyat membunuh sel-sel kanker yang sangat berbahaya. Bahkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang, ubi ungu adalah makanan anti kanker yang sangat baik bagi kesehatan.

Sebenarnya nenek moyang kita telah menggunakan ubi jalar, khususnya ubi jalar ungu untuk konsumsi pangan sehari-hari yang baik dan menyehatkan, namun saat ini tergerus oleh aneka makanan fast food yang justru membahayakan bagi tubuh. Bahkan ada anggapan dan pandangan bahwa ubi jalar  hanya layak dikonsumsi oleh orang kampung, atau wong ndeso.

Kandungan Gizi

Ubi jalar ungu mengandung gizi berupa zat lisin, Cu, Mg, K, Zn dengan kandungan rata-rata 20%. Ubi jalar ungu juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi, terlebih terdapat kandungan sumber vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan pigmen warna ungu ( antosianin ) bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Manfaat Bagi Kesehatan

Ubi jalar ungu mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut antara lain : Antosianin pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara, oksidasi dalam tubuh dan menghambat penggumpalan darah sehingga kesehatan aliran darah lebih lancar. Cocok bagi orang yang jarang berolah raga, memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, vertigo, dan jantung.

Kandungan betakaroten, vit E dan C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler. Beragam makanan olahan yang mengandung bahan kimia berupa zat pewarna, penyedap makanan, serta pengawet makanan berpotensi menimbulkan kanker. Karena itu ubi ungu yang dikonsumsi secara teratur dapat mencegah munculnya sel-sel kanker yang tidak dikehendaki.

Serat dan pektin dalam ubi ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon yang banyak diderita oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas. Sedangkan antosianin ubi ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.

Kandungan aktif zat selenium dan iodin dua puluh lebih tinggi dari pada ubi lainnya, sehingga ubi jalar ungu dapat menjadi anti kanker. Ubi ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi dari pada beberapa varietas "blueberry". Selain itu dapat dijadikan sebagai sumber kabohidrat bagi tubuh dan sebagai pewarna makanan yang alami.

Makanan Olahan

Makanan olahan apa yang dapat dibuat dari ubi ungu? Ternyata saat ini perkembangan kuliner modern telah menjadikan ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman olahan yang sehat dan menarik. Jenis makanan olahan tersebut antara lain dapat dijadikan juss ubi ungu, roti, nasi ungu, es krim ubi ungu, bakpao ubi ungu, serta jenis makanan olahan lainnya.

Di tengah keprihatinan pemerintah melakukan keanekaragaman pangan yang menyehatkan dengan biaya murah serta tingginya ketergantungan masyarakat dengan bahan pangan beras yang kini menimbulkan banyak effek samping berupa merabaknya penyakit diabetes, tumor serta  dan kanker, layak ubi jalar ungu dijadikan alternative untuk kebutuhan pangan sehari-hari.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari