Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
HARGA TURUN, SAATNYA BELI EMAS
Jumat, 17 Mei 2013 11:06 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Fenomena harga emas batangan turun, menjadi perbincangan banyak pihak di Indonesia. Meski volu-me investasi emas di Indonesia relative masih sedikit dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, namun turunya harga emas batangan sebagai instrument investasi cukup menimbulkan kegusaran.
    Akhir Desember 2012 lalu, para ana-lisis investasi memperkirakan harga emas di tahun 2013 akan mengalami peningkatan, namun di kuartal pertama tahun 2013 justru yang terjadi adalah sebaliknya. Harga emas terus terjungkal dan menimbulkan banyak kekhawatiran, benarkah harga emas akan terus melorot?

Penyebab
    Banyak analis menghubungan turunnya perekonomian China, krisis ekonomi di Cyprus dan Kawasan Eropa menyebabkan sejumlah kepanikan. Kepanikan inilah yang oleh para analis disebut sebagai situasi blunder yang menyebabkan para investor melepaskan instrumen emasnya sebagai alat investasi.
    Seperti yang diduga, jika persediaan lebih banyak dari permintaan maka harga akan cenderung turun, dan semakin meluncur turun jika persediaan emas semakin membanjir di pasaran.

Saatnya Beli Emas  
    Meski spekulan kelas wahid dunia,  George Soros pertengahan April lalu mengingatkan bahwa emas tidak cocok lagi menjadi „simpanan aman“ karena berdasarkan indikator  perdagangan pada tanggal 12 April 2013 harga emas turun sampai delapan persen, dan dua hari kemudian turun lagi, dan merupakan penurunan harga paling spektakuler dalam 30 tahun terakhir, saya tetap menyarankan kepada anda untuk memilih emas sebagai sebuah instrument insvestasi.

beli emas, harga turun, ibe bisnis, bisnis investasi, ekonomi cina


    Syaratnya, Pertama, instrument tersebut haruslah berjangka panjang, disimpan dalam waktu 3- 7 tahun, dan jangan dijadikan sebagai alat spekulasi jangka pendek. Jika itu yang dilakukan maka anda akan merugi.
    Kedua, dalam sejarah bisnis emas, tren penurunan memang ada, namun akan ada kecenderungan harga naik secara signifikan pada titik tertentu dimana terbentuk keseimbangan psikologis  baru. Kecenderungan harga emas akan naik karena  akan terjadi inflasi hebat jika harga BBM dan listrik akan terjadi di negeri ini. Para investor akan lebih suka ‘memegang emas’ daripada ‘memegang uang’ yang nilai riilnya dan nilai tukarnya akan terus menurun di masa-masa mendatang.
    Ketiga, para analis sepakat dan pridiksinya bahwa penurunan harga emas akan berakhir sampai bulan Juli tahun ini, kemudian rebound  ke harga yang sangat menarik sebagai instrument investasi.
    Saran saya, seperti yang dikemukan Myers (1975), bahwa fluktuasi harga emas saat ini sangat menantang dari isi investor, karena para prinsipnya keuntungan adalah diperoleh dari membeli produk semurah-murahnya dan menjual dalam posisi harga yang mahal.
    Selamat membeli emas batangan untuk investasi di gerai-gerai yang menjual emas batangan.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari