Tanggal Hari Ini : 26 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
MEMBANGUN FASILITAS KANTOR SAAT MEMULAI BISNIS DI RUMAH
Selasa, 29 Oktober 2013 13:20 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Oleh djati sutomo

 

Bermetamorfosa dari karyawan menjadi pebisnis rumahan menuntut perubahan mental besar-besaran. 

Saat Anda bekerja di gedung-gedung perkantoran lazim kalau Anda terpenuhi segala kebutuhan akan fasilitas yang serba mahal dan modern.  Kantor di rumah?  Tentu saja fasilitasnya tidak harus mewah, tapi fungsi-fungsi pokok tetap harus dipenuhi.  Pun fasilitas kantor harus berbeda dengan rumah, sehingga tidak terjadi tumpang tindih yang sangat tidak produktif.

Fasilitas bisnis rumahan tentu tergantung dari jenis bisnis yang akan dijalankan, tetapi secara umum beberapa fungsi yang harus dipenuhi bisnis rumahan adalah: Tempat yang bersih, cukup penerangan untuk bekerja, tidak bising dan relatif terhindar dari gangguan rumah. Tempat untuk duduk dan bekerja (meja, kursi, lampu), tempat yang dapat menyimpan informasi tentang pelanggan (komputer, filling cabinet, organizer elektronik atau sistem data base), jalur untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan relasi lainnya secara cepat dan efisien (telepon, mesin fax, koneksi  internet).

Sebagian besar bisnis rumahan bergerak dalam bidang jasa, bukan ritel, grosir, pabrik atau perdagangan.  Karena itu jarang yang memerlukan ruang besar untuk penyimpanan atau pengolahan.  Demikian pula umumnya pelaku bisnis rumahan lebih aktif mengunjungi klien atau membuat pertemuan di kafe atau hotel. Maka jarang sekali yang memerlukan ruang tunggu, ruang meeting dan white board yang representative.

Beberapa fasilitas di bawah ini umumnya diperlukan bagi semua bentuk kegiatan bisnis rumahan.  Beruntung harga barang-barang teknologi turun secara drastis selama sepuluh tahun terakhir ini sehingga dapat dijangkau oleh kebanyakan orang.

 

Komputer.

Komputer versi terakhir dengan prosesor Pentium-4, memori 256 MB, hard drive 60GB, monitor 17 inchi, CD-Rom drive dan modem 56K dapat dibeli dengan harga Rp 3-4 juta (rakitan, non-branded) atau Rp 4 – 5 juta (branded). 

Bekerja dengan komputer rakitan asal jelas pemasok dan infrastruktur layanannya juga cukup memadai bagi bisnis rumahan, komputer jenis ini dengan perawatan yang baik bisa digunakan 3 – 4 tahun non-stop.

 

Mesin Multi-Fungsi. 

Kebutuhan untuk fax, printing, scanning dan foto copy sekarang bisa dipenuhi oleh mesin multi fungsi yang akhir-akhir ini berkembang pesat.  Hampir semua produsen ternama berlomba-lomba mengeluarkan seri ini dengan harga antara Rp 3 – 4 juta tergantung pada spesifikasi dan mereknya.  Dengan adanya mesin ini tak diperlukan lagi ruang yang lebar sehingga amat cocok bagi usaha rumahan.

 

Dua Line Telepon.

Telepon yang dahulu menjadi penghambat bagi usaha rumahan, sekarang tidak lagi berkat pertumbuhan telepon seluler baik yang berbasis GSM atau CDMA.  Paket-paket telepon seluler yang berbasis teknologi GSM maupun CDMA yang semakin baik dan murah, membuat penambahan telepon line bukan masalah lagi.  Dengan satu fixe-line dan satu CDMA atau GSM yang bisa dibawa kemana saja membuat pelaku bisnis rumahan well-connected dimana pun ia berada.

falitas bisnis rumahan 

Transportasi. 

Masih buruknya sistem jalan dan transportasi publik, mengharuskan pelaku bisnis menginvestasikan 1 (satu) jenis alat transportasi yang cepat, tangkas, lincah dan irit sehingga dapat responsif melayani keinginan klien. 

Salah satu alat transport yang sangat mudah dibeli dan memenuhi kriteria di atas saat ini adalah sepeda motor.  Kita saksikan bertaburan ratusan agen dan dealer sepeda motor yang menawarkan kredit mudah, plus diskon dan bonus bagi para pembelinya.  Harga sepeda motor standar berkisar dari Rp 7 juta (merek Cina) sampai dengan Rp 15 juta.

 

Furnitur dan Perlengkapan Kantor. 

Rentang harga terbentang luas untuk furnitur mulai dari puluhan ribu seperti kursi dan meja plastik sampai puluhan juta rupiah untuk satu set furnitur import dari Italia.  Harap diingat seirit-iritnya Anda menganggarkan furnitur, sepanjang hari Anda akan berada di situ oleh sebab itu jangan abaikan kenyamanan dan estetika supaya tetap bergairah dalam bekerja.  

Perlu perhatian khusus untuk kursi  dan meja kerja karena Anda gunakan paling sering, daripada terkena sakit punggung dan pinggang di belakang hari.

Untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik dengan harga irit Anda juga dapat berkunjung ke toko furnitur seken (Barbeku di Jakarta atau Babe di Bandung) yang sering mendapatkan lelang dari hotel-hotel, apartemen-apartemen atau bahkan kedubes asing.  Dengan dana yang cekak dijamin Anda puas karena dapat menyulap ruang kerja Anda bak executive suite.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari