Tanggal Hari Ini : 26 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
PELUANG BISNIS EDUWISATA, MENGEMAS LIBURAN ALTERNATIF BAGI SISWA SLTP/SLTA
Selasa, 29 Oktober 2013 14:52 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Liburan ke Bali. Mau ke Panti Kuta sudah bosan, mau melihat pertunjukan tari Kecak sudah sering, lantas mau wisata apa lagi dong?. Kini para praktisi dan pelaku bisnis wisata di Bali sedang giat-giatnya untuk menggairahkan kembali eduwisata yang ada di Pulau Dewata ini.

Eduwisata adalah kemasan wisata yang memadukan konsep wisata dengan nilai-nilai pendidikan. Kemasan yang disajikan pun sangat sederhana tetapi memiliki bobot edukasi yang penting, seperti berwisata di desa-desa adat, berkunjung ke kampong-kampung terpencil,  pergi ke sawah-sawah atau hutan, ke pusat atau sanggar-sangar seni dan lain-lain. Tentu saja di setiap daerah tujuan wisata yang dituju ada pendamping yang membantu menjelaskan detail dan makna yang ingin dijadikan bahan pembelajaran bagi para peserta. 

Agung Bawantara (41), penulis dan eseis yang tinggal di Denpasar, telah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan eduwisata di sebagai wisata alternative di Bali.  Beberapa kali penyelenggaraan eduwisata yang diselenggarakannya, menurut Agung cukup memberikan manfaat positif  sebagai pengisi liburan bagi para pelajar atau mahasiswa. Mula-mula Agung, yang juga praktisi sinematografi ini pernah menyelenggarakan workshop produksi film dokumenter bekerjasama dengan Pemkot Denpasar. Animo peserta lumayan tinggi dari berbagai daerah. Konsep serupa kemudian ia terapkan dengan memperbanyak obyek-obyek dan tempat yang dijadikan sebagai sasaran  program eduwisata yang ia selenggarakan.  

Berawal dari kegiatan itulah, beberapa kegiatan serupa ia selenggarakan. Bahkan ia, melaui ‘Tiara Mas’ perusahaan yang didirikannya ini mengemas secara khusus eduwisata dengan muatan dan paket-paket khusus, seperti paket eduwisata belajar menari Bali langsung di sangar-sangar di Bali, belajar membuat topeng di tempat sanggar karya perajin topeng, belajar melukis wayang Kamasan langsung di sanggar kerajinan produksi wayang, belajar memasak masakan dari masyarakat desa, mengikuti rafting, cycling, tree top, pengalaman menunggang gajah, membajak sawah dan menanam padi di areal pertanian Bali, water sport activity, menonton kecak api, mendaki Gunung Batur, camping di Toya Bungkah, dan lain sebagainya.

Keunikan paket eduwisata ini, menurut Agung, para peserta dapat berkunjung dan merasakan kehidupan langsung masyarakat setempat.

“Berkunjung ke ‘desa’ dengan kegiatan ikut dalam aktifitas membajak sawah, menanam padi, melukis, belajar menari, pentas seni,  cycling, rafting, serta menginap dan memasak di rumah penduduk setempat adalah pengalaman yang terus diingat oleh para peserta program eduwisata,” ujar Agung.

 eduwisata di bali

Banyak Manfaat

Eduwisata sebagai pilihan berlibur menurut Agung sangat banyak manfaatnya.

“Eduwisata ini menggabungkan antara anjangsana, petualangan, pembelajaran,  dan hiburan. Kegiatan ini sangat penting untuk menyegarkan hubungan kebersamaan di antara anggota keluarga atau antar-siswa,” ujarnya.

Soal pilihan harga,  menurut Agung,  tergantung dari pilihan paket yang diinginkan. Bahkan ia secara khusus pernah menyelenggarakan ‘kegiatan gabungan’ sekaligus, yaitu workshop produksi film documenter dan eduwisata.

Para peserta yang mengikuti workshop diminta membuat sebuah cerita yang diinginkan oleh para peserta dengan background atau latar belakang daerah wisata yang dikunjungi. Selepas mereka berkunjung dan mengambil gambar dengan foto atau videonya para peserta diminta untuk menghasilkan sebuah video documenter. Hasilnya, luar biasa. Peserta senang, bertambah ilmunya, dan gembira.

“Banyak orangtua yang mengirimkan anak-anaknya untuk mengikuti program ini, dengan alasan anak-anaknya dapat menggunakan waktu liburannya dengan mengisi kegiatan yang positif dan bermanfaat.

 

 

PROGRAM EDUWISATA

"TIARA MAS", Jl. Akasia 28

Denpasar – Bali

Telp (0361) 232710

e-mail: ekaristi@gmail.com.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari