Tanggal Hari Ini : 26 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Berburu Bisnis Di Arena Pameran Franchise
Jumat, 25 Juli 2014 15:33 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Sudah lama membuat rencana bisnis, tetapi belum juga goal-goal  bisnisnya, atau ‘pecah telor’? Pameran franchise merupakan alternatif untuk mengenal beragam bisnis.

Tanggal 20-22 Juni lalu Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama PT Debindo Mitra Dyantama mengadakan pameran franchise, licence dan business concept di Jakarta Convention Center. Acara ini diikuti  tak kurang dari 300 waralaba yang siap ditawarkan kepada pengunjung pameran.

Menurut Ketua AFI Anang Sukandar, kegiatan pameran ini dimaksudkan agar  semakin banyak masyarakat yang mengetahui beragam produk bisnis dan model bisnis franchise atau waralaba.

Franchise merupakan salah satu model bisnis yang telah terstandar dan teruji kesuksesannya. Model bisnis ini juga semakin popular, namun Anang menyiratkan masih sedikitnya masyarakat yang memahami sistem bisnis franchise.

 

Teruji

Survey Majalah Wirausaha dan Keuangan saat pelaksanaan pameran franchise beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung ingin melihat perusahaan-perusahaan franchise yang masih tetap eksis hingga kini. Mereka juga ingin tahu, perusahaan mana saja yang teruji dan telah mampu melewati masa kritis dalam bisnis, yaitu 3-5 tahun.

Selain itu,  pengunjung juga ingin tahu perusahaan dan jenis usaha apa yang memiliki prospek bisnis yang baik di masa mendatang.

Riyanti (35) misalnya, ibu rumah tangga asal Jakarta Selatan ini  bersama suaminya mencari perusahaan franchise yang memenuhi kriterianya untuk dicoba. Kriterianya, menurut Riyanti, pertama,  perusahaan tersebut teruji kesuksesannya, memiliki potensi pasar yang luas, pengelolaannya mudah, ada sistem yang mudah dijalankan dan tentu saja modal untuk usaha tersebut tidak besar.

Menurut Yanti, ia harus pandai-pandai memilih bisnis franchise untuk dicoba jika memungkinkan. Ia menghindari mengambil bisnis yang belum teruji, potensi suksesnya kecil, terlebih biaya lisensi, atau franchise fee besar.

“Suksesnya belum, keluar biaya besar iya, yang seperti itu kan gak betul,” tuturnya.

Sementara, bagi Sofyan (50), kehadirannya di acara pameran franchise untuk mengetahui perkembangan bisnis dan dunia usaha di Indonesia. Ia kagum saat ini berkembang kreasi dan inovasi bisnis yang luar biasa.

Menurutnya, masyarakat Indonesia sangat kreatif, inovatif dan mampu menciptakan bisnis yang memiliki nilai tinggi. Namun Sofyan mengingatkan agar pemilik bisnis franchise tidak semata-mata mencari keuntungan dari menjual bisnisnya, tanpa memikirkan kelangsungan bisnis milik mitranya.

“Yang harus diwaspadai adalah pemilik bisnis franchise getol cari mitra untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya,  tetapi lupa membangun komitmen dengan mitra untuk sukses bersama,” pungkas Sofyan.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari