Tanggal Hari Ini : 26 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Dari Batik Bisnis mengalir Sampai Jauh
Senin, 28 November 2016 04:31 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Batik kini menggeliat kembali. Pamornya sebagai kekayaan khas Indonesia sudah diakui dunia. Jika dahulu batik hanya dipakai dalam waktu-waktu khusus, kini beragam pakaian dengan bahan batik dapat digunakan hampir setiap hari oleh penggunanya. 

Seiring dengan populernya batik di kalangan masyarakat, makin banyak pelaku usaha yang menjualkan baju batik sebagai produk fesyen saat ini. Pasar produk fesyen batik tidak hanya menyasar kalangan dewasa ataupun remaja. Lebih dari itu, pelaku usaha di bisnis batik juga mulai membidik anak-anak sebagai konsumen utamanya.
Para disainer juga berlomba-lomba membuat aneka fashion batik menjadi menarik. Kondisi ini yang membuat bisnis batik menggeliat cukup kuat. Beragam usaha mulai dari konveksi kecil-kecilan hingga skala besar berdiri di sentra-senta batik di Indonesia. Demikian juga dengan buktik-butik yang menyediakan disain khusus. Selain bertumbuhnya para produsen batik jumlah retaillernya pun juga bertambah banyak, baik yang konvensional maupun yang online.
Salah satu dari usaha retailler yang cukup berhasil adalah pemilik toko online aquilabatiklover.warungrakyat.com, yang beralamat di Pondok Permai Banguntapan Jl. Raya Pleret Km. 1 Banguntapan Bantul.
Aquila batik lover sudah cukup lama menjadi retailler dari jogjabatik.warungrakyat.com) dan dengan cara inilah dia bisa menambah penghasilan tambahan tanpa harus punya modal yang banyak dan tidak pake repot. Dengan bermodalkan internet dan kemauan saja, bisa menjadi seorang pengusaha batik.
Pengrajin batik Madura, Siti Maimona, juga mendapat berkah menggeliatnya bisnis batik. Dari usaha yang sangat kecil dengan modal terbatas kini sahanya sudah sangat maju. Melihat geliat batik Pekalongan yang terus meningkat, Maimona terinspirasi mengadu peruntungan dengan menekuni pembuatan dan penjualan batik Madura. Ia dengan telaten,menggeluti bisnis batik yang diberi nama Pesona Batik Madura itu, berkembang sedikit demi sedikit sehingga kini berhasil berkembang pesat. Bahkan, usahanya telah berskala internasional dan menyerap pekerja dari kampung di sekitarnya. Kini Maimona mempekerjakan 400 karyawan yang tersebar di gerai miliknya yang berada diJakarta hingga Bali. Sekarang, wanita ini memiliki total 8 gerai menjual Pesona Batik Madura.

Dari Batik Bisnis mengalir Sampai Jauh,  jogjabatik.warungrakyat.com, Bagaimana memulai bisnis batik hingga bisnis bisa besar dan mengalir sampai jauh?. Berikut cuplikannya. Pertama, kita harus menyiapkan rumah produksi yang meliputi peralatan membatik, pewarna dan segala macamnya. Sebaiknya, rekrut karyawan yang sudah bisa membuat batik tulis. Kenapa harus batik tulis? Sebab, harga batik tulis cenderung lebih mahal, meski prosesnya cukup lama. Tapi, bila kita mau telaten, hasilnya luar biasa. 

Batik tulis yang dibuat langsung menggunakan tangan merupakan handmade yang diburu berbagai kalangan, mulai dari pengusaha, politisi, pejabat, pegawai negeri sipil (PNS) dan semua kalangan. Beda dengan batik cap atau sablon, biasanya hanya dipakai masyarakat biasa.
Itu sebabnya, usaha bisnis batik tulis lebih menjanjikan ketimbang batik cap atau sablon yang cenderung tidak memiliki seni yang bagus atau kaku. Bila Anda sudah bisa memproduksi batik sendiri, selanjutnya perhatikan tips, cara dan kiat berikut. Kedua, Promosikan lewat internet atau online, mulai dari situs atau website, blog, Facebook, Twitter, Whatsapp, BBM, Instagram, dan semua aplikasi media sosial lainnya. Media ini ampuh untuk menjaring pembeli dari luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Ketiga, kenal dengan instansi pemerintahan. Bila kenal baik, suatu saat ketika ada proyek pengadaan batik. Jika satu batik tulis Anda bisa mengantongi untung Rp 20 ribu saja, coba kalau proyek pengadaan itu mencapai 10.000 kain, Anda akan meraup untung bersih Rp 200 juta. Fantastis, bukan? Keempat, ikut berbagai pameran di daerahmu, provinsi, nasional, atau bahkan internasional. Biasanya, Anda harus kenal dengan Diskranasda. Pameran batik terbukti bisa membuat Anda menjadi pengusaha batik yang sukses dan meraup omzet ratusan juta rupiah.Kelima, buka wisata batik. Jangan sungkan untuk mengajarkan ilmu membatik kepada masyarakat, pelajar, mahasiswa dan peneliti. dengan membuka program wisata batik di rumah produksimu, kamu akan menjadi semakin dikenal dan dipercaya konsumen.Keenam, buka gallery atau butik. Dengan adanya toko offline alias toko butik, Anda akan semakin bergengsi. Kalau ada yang ingin singgah dan membawa oleh-oleh batik, bisa singgah di gallery Anda.Ketujuh, pertahankan kualitas batik. Konsumen tidak bodoh. Mereka bisa dengan mudah menilai mana produk yang baik dan jelek. Buatlah batik dengan kualitas kain yang bagus, termasuk warna batik yang berkualitas.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari