Tanggal Hari Ini : 26 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Carica, Buah Ajaib dari Dieng
Kamis, 08 Desember 2016 04:54 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Dieng adalah sebuah dataran tinggi yang indah dan penuh berkah. Kawasan ini, yang melingkupi Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo merupakan kawasan vulkanik aktif. Sebagian ada yang mengungkapkan, di Kawasan Dieng bersemayam  gunung api vulkanik raksasa yang memiliki beberapa puncak dan kepunden kawah. 

Kawasan Dieng, selain indah juga subur. Hasil pertanian seperti kentang dan sayur-sayuran segar bersumber dari daerah ini. Dieng juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng dan Carica yang sudah terkenal di mana-mana.
Purwaceng merupakan tumbuhan semacam semak yang dijadikan sebagai obat herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, mirip gingseng di Korea atau Jepang. Sedangkan Carica merupakan tanaman endemis di Kawasan Dataran Tinggi Dieng yang buahnya menyerupai pepaya, namun memiliki tekstur yang lebih kenyal, sehingga sangat enak jia dijadikan sebagai manisan dan bahan campuran minuman.
Sebelum diketahui memiliki manfaat ekonomi yang tinggi, Carica dianggap sebagai tanaman semak yang hanya menghasilkan sampah. Daunnya lebat, pun buahnya. Hingga diketahui Carica adalah buah ajaib yang hanya ada di Dataran Tinggi Dieng dan memiliki aroma dan manfaat gizi yang luar biasa.
Buah Carica mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, di antaranya enzim, vitamin, dan mineral. Pohon Carica mirip sekali dengan pepaya. Warnanya kehijauan dan setelah matang menjadi kekuningan. Bedanya buah Carica tidak bisa dimakan langsung, karena daging buahnya banyak mengandung getah penyebab rasa pahit dan gatal pada tenggorokan. Bahkan bisa melukai kulit. Orang Dieng menikmati buah Carica dengan cara membelahnya menjadi dua, kemudian diambil biji-bijinya untuk dihisap. Biji yang mempunyai cita rasa manis yang khas bisa dimanfaatkan untuk membuat stup atau sirup dengan cara yang cukup sederhana.

Carica, Buah Ajaib dari Dieng, Produk kreatif dari buah, aneka olahan buah carica, tips mengolah buah carica

Kini olahan buah Carica menjadi andalan dan oleh-oleh yang sangat khas dari Wonosobo atau Banjarnegara. Olahan buah Carica bermacam-macam. Ada yang dalam bentuk sirup, juice, selai/jam, manisan, dan dodol. Daging buah carica juga bisa dibuat pudding, cocktail, bahkan campuran kare.
Buah Carica jika digigit akan terasa kenyal, manis, dan segar serta memiliki aroma yang khas. Para pewirausaha di Wonosobo banyak yang mengolah buah Carica menjadi berbagai minuman olahan. Sebagian besar usaha pengolahan adalah usaha rumahan yang cukup banyak jumlahnya.
Usaha pengolahan buah Carica seperti Carica Sirup, merupakan manisan buah segar yang diproses secara higienis lewat beberapa tahap sterilisasi dan vacuum processing sehingga produk ini tahan lama walaupun tanpa bahan pengawet. Cara membuatnya adalah biji dan selaput yang melapisinya ditambah sedikit air, lalu diperas sampai keluar cairan kental yang berbau khas. Pemerasan dilakukan berkali-kali hingga aroma khasnya hilang. Kemudian diberi gula dan air secukupnya dan direbus sampai mendidih, saring, maka jadilah sirup buah carica. Sementara daging buahnya dipotong-potong, lalu dicuci bersih dan dicampur dengan sirup yang sudah jadi tadi dalam botol, gelas atau cup yang steril tutup/pres rapat-rapat, rebus dalam panci besar kurang lebih 10 menit. Manisan carika siap dipasarkan.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari