Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Cara Santai Menemukan Ide Bisnis
Selasa, 06 Juni 2017 03:18 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Susahya mendapatkan ide bisnis. Santi, sebut saja begitu. Ibu muda ini berhari-hari memikirkan bisnis apa yang mau dijalankan untuk menambah penghasilan keuangan keluarga. Berhari-hari dipikirkan, tak ketemu juga. Suatu hari, ia bersama rekan sekantornya makan bersama di sebuah kedai kecil yang sederhana. Kedai tersebut menyediakan aneka masakan tradisional khas Jawa. Pengunjungnya ramai, pengelolaannya juga mudah. Bagus juga ide bisnis seperti ini, pikirnya.
Menemukan ide bisnis yang tepat adalah bagian penting dalam memulai bisnis. Sebuah ide bisnis kreatif dan dimatangkan dengan rencana aksi bisnis yang tepat memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis tanpa ide kreatif dan perencanaan. Runyamnya sebagian besar dari kita memulai bisnis tanpa didahului dengan ide bisnis yang kreatif dan perencanaan yang matang.
Bagaimana cara menemukan ide bisnis kreatif dan inovatif ?. Sebenarnya tidak sulit jika anda benar-benar ingin melakukan. Pertama, baca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Karena pada prinsipnya, sebuah bisnis dapat berjalan jika menjadi solusi dari permasalahan yang ada, misalnya bisnis kuliner menjamur di lingkungan pemukiman mahasiswa karena sebagian besar mahasiswa tidak sempat lagi memasak dan menyiapkan makanan mereka sendiri, atau bisnis fotocopy dan percetakan yang berada di sekitar kampus dan sekolah.
Nah kira-kira ide bisnis apa yang dapat dijalankan untuk daerah tertentu, misalnya daerah pinggiran perkotaan yang banyak pabrik, atau lokasi perumahan yang padat penduduk.

Ide Bisnis, Out of The Box, Cara Santai Menemukan Ide Bisnis, inspirasi-inspirasi baru, ide bisnis kreatif dan inovatif

Sambil makan siang bersama rekan-rekan, anda dapat memikirkan ide bisnis brilian dengan mengacu sebagai berikut. Pertama, lakukan riset secara tepat untuk memastikan bahwa bisnis yang anda akan buka akan memiliki pasar yang besar. Bagaimana melakukan riset bisnis dengan mudah? Gampang, ketik kata kunci dalam aplikasi pencari, google, ketiklah kata kunci yang terkait dengan rencana bisnis anda, nanti akan anda temukan disana. Hasil penelusuran tersebut memudahkan anda melakukan kreatifitas atau inovasi yang menghasilkan bisnis baru yang prospektif.
Kedua, belajarlah dari sukses orang lain dalam menjalankan bisnis. Anda bias belajar dan mencatat keuanggulan-keunggulan yang dimiliki. Tidak salah jika anda melakukan pengamatan, melakukan peniruan dan modifikasi untuk membangun bisnis anda yang akan anda jalankan.
Ketiga, carilah inspirasi-inspirasi baru yang dapat menjadi solusi terhadap masalah banyak orang. Kisah bisnis dengan inovasi-inovasi yang sederhana tetapi memberikan solusi pasti akan dicari. Munculnya aplikasi Go-Jek berawal dari sebuah aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.
Keempat, mau belajar dari kesalahan dan masalah orang lain. Ide bisnis bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan. Hadirnya fenomena alfamart dan supermarket lainnya merupakan perbaikan dari banyaknya toko kelontong atau warung-warung tradisional yang dikelola dengan kurang professional. Seiring dengan keinginan pelanggan yang terus meningkat ide bisnis dengan melihat berbagai kekurangan orang lain tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran.
Kelima, ikuti dan amati tren yang terjadi di masyarakat. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif. Contoh kasus adalah trend politik pilkada saat ini. Setidaknya, dengan rencana pelaksanaan pilkada pada sejumlah daerah membuat kita bisa mencari ide bisnis kreatif dan inovatif terkait dengan kegiatan kampanye para kandidat calon kepala daerah.

Out of The Box
Dalam menemukan ide bisnis yang kreatif, berusahalah ide bisnis tersebut merupakan hal yang belum pernah dipikirkan orang lain dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjawab tantangan dan kebutuhan dari permasalahan yang dihadapi masyarakat. Jika ide bisnis anda benar-benar kreatif dan inovatif, memberikan nilai kebermanfaatan bagi orang lain, maka kegiatan marketingnya akan semakin mudah dan tidak butuh biaya banyak. Bisnis dapat bergulir dengan baik sebenarnya sangat sederhana saja, yaitu jika sebuah bisnis memiliki inovasi yang bagus dan tepat guna maka menjualnya ke orang lain akan mudah dilakukan.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari